Yang menarik Dari Tarian Kataga Sumba Yang Perlu Kamu Ketahui

Mahasiswa semester tiga Jurusan Pendidikan Agama Kristen (PAK) Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri (STAKN) Kupang, Sarah Banyo (20) bersama ketiga teman wanitanya tampak gemulai menampilkan lenggokan badan di antara tiga penari pria. Wajah keempat wanita itu menunjukan rasa nyaman ketika berada di antara tiga pria yang gagah berani. Mereka menampilkan tarian Kataga, saat dies natalis kesepuluh STAKN Kupang di Kupang, Rabu (27/9/2017).

Tarian Kataga, tutur Sarah, memiliki pesan yang sangat mendalam tentang kehidupan yang harmonis antara laki-laki dan perempuan. “Kami sebagai penari wanita selalu merasa nyaman dan bersukacita saat berada di dalam lindungan pria-pria hebat,” kata Sarah. Sarah menambahkan, tarian ini mengisahkan perebutan wanita di daerah Sumba Barat.

tarian_20170927_150019

“Jadi, kalau ada yang ganggu perempuan, beberapa pria lainnya merasa bertanggungjawab untuk melindungi wanita-wanita tersebut,” kata Sarah. Satu di antara penari pria, Ruben Laja Lere mengatakan, tarian dari daerah Wanukaka, Sumba Barat tersebut dalam perkembangannya digunakan untuk menyambut tamu kehormatan. “Kalau ada acara seperti ini kami gunakan untuk menyambut tamu kehormatan,” kata Ruben.

Penari lainnya, Laudry Saputra Obiraga (21) mengatakan, tarian ini sudah sangat terkenal namun tidak banyak orang bisa membawakannya. “Jarang sekali ada kesempatan untuk menampilkan tarian ini, jadi kalau ada momen seperti ini kami pasti antusias untuk menampilkan tarian ini,” kata Laudry. Tarian ini pernah ditampilkan West Sumba Group saat Festival Indonesia di Sydney, Australia pada 8 September 2012. (*)

Laporan Reporter Pos Kupang, Andri Atagoran

Sumber Artikel : kupang.tribunnews.com

Tinggalkan Balasan

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>