Transportasi

Transportasi menuju Sumba Barat. Cara termudah adalah dengan naik pesawat ke Bali atau ke Kupang. Kemudian dilanjutkan penerbangan menuju Bandara Tambolaka di Sumba Barat Daya.

Cara lain adalah dengan melalui jalur darat. Jika Anda dari Indonesia bagian barat, bisa naik bus sampai ke Pelabuhan Sape, Bima, Nusa Tenggara Barat. Kemudian lanjutkan dengan feri dari Pelabuhan Sape menuju Pelabuhan Waikelo di Sumba Barat Daya.

Setelah sampai di Sumba Barat Daya, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Sumba Barat melalui jalur darat. Anda bisa menyewa mobil, naik bus, atau travel.

Sewa mobil mulai dari Rp 500.000 sudah termasuk bensin dan sopir, serta bisa digunakan untuk berkeliling. Sedangkan naik travel (menggunakan mobil APV, Kijang, atau Panther) sekitar Rp 50.000.

Naik bus dari Sumba Barat Daya di kisaran tarif tidak sampai Rp 10.000. Pilihan lain adalah naik motor ojek. Dari Sumba Barat Daya kurang dari satu jam dengan motor menuju Waikabubak, ibu kota Sumba Barat.

Alternatif lain menuju Sumba Barat adalah melalui Sumba Timur. Di Sumba Timur terdapat Bandara Mauhau. Ambil jalur ini, jika Anda datang dari Kupang. Kisaran harga untuk travel dan sewa mobil sama dengan dari Sumba Barat Daya. Sementara bus, harganya lebih mahal yaitu sekitar Rp 25.000 karena jaraknya lebih jauh.

Waktu tempuh dari Sumba Barat Daya ke Sumba Barat sekitar satu jam dengan mobil. Sedangkan dari Sumba Timur bisa mencapai tiga jam.

Transportasi di Sumba Barat. Motor ojek mudah Anda dapatkan di Sumba Barat. Cari saja di sepanjang jalan atau dekat pasar. Bisa juga minta bantuan pihak hotel.

Cara paling mudah adalah menyewa mobil lengkap dengan sopir. Harga sekitar Rp 500.000 per hari, sudah termasuk bensin. Ada pula bemo lintas kecamatan. Jika Anda ingin naik bemo untuk berkeliling, bisa mencarinya di terminal dekat Pasar Inpres Waikabu.

Carilah bemo dengan rute yang Anda inginkan. Namun, bemo di setiap rute berjumlah sedikit. Sehingga bemo baru jalan setelah penuh. Bersiap desak-desakan karena jika penuh, penumpang bisa naik sampai ke atas bemo. Serunya, bemo di Sumba seperti di Kupang, full music.