FESTIVAL BUDAYA SUMBA “PASOLA” TAHUN 2017

Atraksi perang-perangan lembing dengan berkuda khas Sumba yaitu PASOLA, tahun ini akan digelar pada 18-21 Februari juga pada 17-21 Maret di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur. Tanggal tersebut sudah ditetapkan oleh para Rato (tetua adat) berdasarkan proses perhitungan kalender Sumba yang juga akan dihadiri oleh pemerintah setempat, serta stakeholder terkait. Sekertaris Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Timur, Wely Rohimone, berharap bahwa Pasola tahun ini diharapkan lebih banyak mengundang wisatawan dari luar negeri. “Jadwal sudah pasti dan sudah disebarkan informasinya kepada publik.
pasola2
Ada beberapa kegiatan di bulan Februari dan Maret, sehingga wisatawan bisa memilih dan menentukan jadwal untuk ke Pulau Sumba,”. Pasola merupakan atraksi wisata yang menjadi Ikon Budaya Sumba, yaitu upacara perang tradisional berkuda dan saling melempar lembing dari atas punggung kuda yang sedang berlari cepat oleh para kesatria Sumba yang telah dewasa yang mewakili dari setiap desa-desa. Sebelum Pasola diselenggarakan biasanya diawali dengan kegiatan dan ritual adat yaitu, Pajura (kusus untuk pasola di kecamatan Wanokaka) yaitu pertarungan tinju pemuda desa sebagai tanda telah dewasa, kuat, tangguh, bertanggung jawab dan tentunya untuk memikat para gadis- gadis desa. Pajura berlangsung satu hari sebelum adat nyale, yaitu pada malam hari di  bawah sinar bulan tanpa cahaya penerang lainnya kecuali cahaya bulan, yang berlokasi dipantai Tei Tena kecamatan Wanokaka. Sedangkan adat nyale, yaitu upacara yang digelar untuk memanjatkan rasa syukur atas musim panen, hal tersebut ditandai dengan adanya nyale atau cacing laut yang melimpah di pinggir pantai. Adat ini biasanya dilakukan pada saat bulan purnama penuh.
pasola3
Para Rato biasanya memprediksi bahwa nyale akan keluar pada pagi hari setelah hari mulai terang. Usai nyale diambil maka hewan tersebut terlebih dahulu dibuktikan kebenarannya melalui bentuk serta warna. Bila nyale gemuk dan sehat maka disinyalir panen akan berhasil, sebaliknya, apabila nyale kurus dan rapuh, masyarakat setempat percaya bahwa ini adalah tanda malapetaka.
Berikut ini jadwal Pasola di Pulau Sumba, Provinsi Nusa Tenggara Timur:
SUMBA BARAT
18 Februari 2017        : Pasola Lamboya (hobba kalla)
17 – 21 Maret 2017  : Pasola wanoka (pantai pahiwi dan waihura)
Pasola Gaura                 : Belum di tentukan oleh para rato setempat
SUMBA BARAT DAYA
18 Februari 2017     : Homba Kalaiyo (kecamatan kodi bangedo)
20 Februari 2017     : Bondo Kawango (kecamatan kodi)
21 Februari 2017     : Rara Winyo (kecamatan kodi)
17 Maret 2017          : Maliti Bondo Ate (ratenggaro kodi bangedo)
18 Maret 2017          : Waiha (kecamatan kodi balaghar)
20 Maret 2017          :Wainyapu (kecamatan kodi balaghar)
 pasola 1
Sumber: WestSumbaTourism,PesonaIndonesia

Tinggalkan Balasan

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>