Waitabar

Walau terletak di pusat modernitas namun keaslian tradisi dan budaya leluhur masih tetap dipertahankan. Misalnya rumah adat beratap alang yang dibangun mengililingi ruang terbuka tempat upacara, makam megalitik, kuil Marapu, tiang pancang (Adung) yang dulu digunakan untuk menggantung kepala musuh, dll, semuanya bakal membuat Anda merasa tengah berpetualang ke masa lampau

Kampung adat Wee tabar Terletak di desa Sobawawi kecamatan Loli. Secara geografis Kampung ini sangat berdekatan dengan kampung adat Tarung, tapi tetap memiliki ciri khas dan pemimpin adat sendiri. Kampung ini di huni oleh 5 Kabisu dengan 17 rumah adat. Masyarakat penghuni kampung ini umumnya bekerja sebagai petani, penenun dan berkebun. Di dalam Kampung Wee Tabar terdapat Benda cagar budayanya yang masih tersimpan selama berabad-abad diantaranya :

  • Batu Kubur, 
  • Tanduk Hewan, 
  • Teko( parang kuno)
  • Tambur

Benda-benda tersebut hanya boleh di keluarkan  pada saat berjalannya ritual Wulla Poddo (bulan suci untuk masyarakat penganut kepercayaan Marapu). Rato(pemimpin adat) di kampung ini bernama Ama Niga. kampung memiliki daya tarik tersendiri dikarenakan letaknya yang berada di jantung Kota Waikabubak. 

Sumber : kampungadatasumbabarat