KAMPUNG ADAT TARUNG TERBAKAR, SUMBA BARAT BERDUKA (sabtu 07-10-2017)

Salah satu kampung situs adat Terbesar di kabupaten Sumba Barat Kampung Tarung ludes dilahap Api, menurut info kejadian Sabtu sekitar jam 16.00 wita 7 october 2017. Penyebab kebakaran belum diketahui pasti, Sijago merah berhasil melahap hingga 28 rumah warga Kampung Adat Tarung dan hampir seluruh kuburan yang terbuat dari batu alam (Kuburan Khas Sumba Peninggalan Megalitikum) yang sudah berusia ratusan tahun bahkan sejak awal berdirinya kampung Adat Tarung Hancur dan terbelah. Beruntungnya Benda-benda keramat peninggalan Leluhur banyak yang diselamatkan dan diamankan meskipun beberapa benda keramat tidak dapat tertolong. Yang disayangkan adalah pada tanggal 22 oktober mendatang pembukaan Bulan Suci Marapu (kepercayaan asli orang sumba) yaitu Wulla Poddu rencana akan di gelar oleh Rato Adat.

22228128_1613321825357320_6828936892290801822_n
KONDISI KAMPUNG TARUNG DALAM BEBERAPA JAM SETELAH TERBAKAR

Semua rumah tradisional berciri panggung dengan atap berbentuk menara menjulang tinggi dan Api dengan cepat menghanguskan karena semua bangunan rumah yang ada di sana dari kayu dan rumput ilalang. Jarak antar rumah yang sangat rapat memudahkan api cepat merambat. Perkampungan adat ini berada di punggung bukit, letaknya di tengah Kota Waikabubak, Ibu Kota Kabupaten Sumba Barat. Selain rumah-rumah adat, di bagian tengah perkampungan adat ini berdiri kubur batu megalitik.

Rumah adat dan kubur batu menjadi simbol kosmologi lokal adat Sumba yang terus bertahan dari zaman ke zaman. Warganya menganut kepercayaan Marapu. Dengan demikian, berada di Kampung Tarung, anda sudah bisa melihat wajah asli budaya Sumba yang begitu murni. Kampung Tarung bukan sekadar kampung biasa melainkan juga berfungsi sebagai institusi sosial dan keagamaan.

img_3503
SITUS MEGALITIKUM DIKAMPUNG TARUNG

Melihat kejadian tersebut, Bupati Sumba Barat, Drs. Agustinus Niga Dapawole langsung meninjau lokasi kejadian yang menghanguskan sekitar 28 rumah adat yang ada di Kampung Tarung tersebut. Bupati Sumba Barat mengatakan pihaknya segera melakukan koordinasi kesemua dinas-dinas terkait dan memerintahkan jajarannya untuk segera tanggap memberikan bantuan dan segera membangun posko, dapur umum, dan meminta menyiapkan relokasi korban sementyara di lokasi Pasar lama Waikabubak.

tarung
VIEW KAMPUNG TARUNG DARI KETINGGIAN

Bupati Niga meminta semua pihak untuk dapat turut membantu dan berharap para korban kebakaran dapat bersabar dalam menghadapi musibah ini. Sedangkan organisasi Save The Children saat malam itu juga telah menurunkan bantuan beras 300 kg, Indomie 20 dos, makanan 200 bungkus, minuman 40 dos, tikar, selimut dan penerangan.

WEST SUMBA TOURIS & HUMASPRO SUMBA BARAT

Tinggalkan Balasan

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>