Gollu

Kampung Adat Gollu termasuk yang berperan penting dalam pelaksanaan ritual Wulla Poddu. Beberapa megalitik yang ada di sana, selain memiliki fungsi praktis juga meiliki fungsi magis-religius. selain sebagai kuburan digunakan juga sebagai tempat meletakkan abu dapur yang adalah simbol pengusiran roh-roh jahat saat berlangsung ritual Toba Wanno (bersih kampung).

Terletak di Desa Kalimbukuni Kecamatan Kota  Waikabubak. Kampung gollu merupakan satu-satunya kampung adat di Kabupaten Sumba Barat yang tidak berada di atas bukit atau gunung. Di kampung ini terdapat Benda Cagar alam yang masih tersimpan selama berabad-abad di antaranya; 

  • Tombak, 
  • Teko, 
  • Gong, 
  • Parang, 

Benda Cagar budaya ini hanya dikeluarkan pada bulan-bulan tertentu, misalnya pada bula Wulla Poddu. Terdapat 17 Kabisu yang mendiami kampung ini dengan satu rumah besar dan 11 rumah adat yang memiliki fungsi masing-masing. Masyarakat di kampung ini umumnya bekerja sebagai penenun kain khas Sumba,berkebun, dan bertani. Nama Rato (Kepala Adat) kampung Gollu adalah Todda Lero Soli.

Sumber : kampungadatsumbabarat